PENGERTIAN DATABASE DAN CONTOHNYA

Dalam setiap program komputer baik itu program desktop maupun website, tentu memiliki data – data yang penting dan sering keluar masuk dari program tersebut. Kamu perlu tahu apa itu maksud database, pengertian database menurut para ahli dan contohnya. Data – data tersebut tersimpan dalam memori dan memiliki ciri berbeda satu sama lain. Agar data – data tersebut dapat diorganisasikan dengan baik dan tersususn secara sistematis data – data tersebut perlu dikumpulkan secara sistematis dan terorganisir. Data tersebut disebut dengan database atau basis data.
Database atau basis data saat ini pasti ada dalam setiap program komputer, baik itu yang berbasis desktop, website seperti sistem informasi maupun website pada umumnya, bahkan hingga aplikasi android pun sudah memiliki database nya masing – masing. Keberadaan database sangat vital bagi program komputer karena disinilah semua data diorganisir dan diolah secara sistemik, baik itu ditambahkan, diubah, atau dihapus (istilah lain adalah CRUD/Create Read Update Delete). Dalam tulisan kali ini kami akan membahas mengenai database beserta contohnya dalam kehidupan sehari – hari di dunia komputer / teknologi informasi.
PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI
Berdasarkan beberapa pendapat ahli, kami merangkum pengertian database dalam poin berikut:
  • Database Menurut Jogiyanto
Database adalah adalah kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan satu sama lain, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan diperlukan software tertentu untuk memanipulasinya.
  • Database Menurut Abdul Kadir
Database atau basis data adalah satu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi. 

CONTOH DATABASE SEDERHANA
Dalam database tentu ada beberapa yang perlu diperhatikan, biasanya database terdiri dari tabel Dalam database tentu ada beberapa yang perlu diperhatikan, biasanya database terdiri dari tabel dan dalam tabel tersebut terdapat atribut yang menyertainya. Kami memberi contoh sebuah tabel database mengenai data siswa berikut ini.
Field Name
Data Type
Size
Keterangan
Nama
Text
30

NIS
Number
12
Primary Key
Alamat
Text
50

Jenis Kelamin
Text
12

Pada contoh di atas, tabel tersebut memiliki beberapa nama field berisi data siswa secara umum, tipe data digunakan untuk mengidentifikasi jenis data dari field yang ada, misalnya nama harus tulisan (text) dan NIS harus nomor (number). Selain itu juga perlu diperhatikan terdapat berapa ukuran maksimal (size) dari field ini serta apakah perlu diberi key pada tiap fieldnya. Primary key di atas menandakan bahwa NIS adalah kunci utama dalam tabel database tersebut.
Adapun contoh lainnya kami tidak bisa menjelaskan secara rinci karena jenis database cukup banyak dan memiliki isi yang berbeda pula, namun contoh tabel database di atas sudah cukup mewakili contoh database pada umumnya.
 banyak dan memiliki isi yang berbeda pula, namun contoh tabel database di atas sudah cukup mewakili contoh database pada umumnya.



CONTOH SOFTWARE DATABASE
·                     Oracle
·                     Sybase
·                     Interbase
·                     XBase
·                     Firebird
·                     MySQL
·                     PostgreSQL
·                     Microsoft Access
·                     dBase III
·                     Paradox
·                     FoxPro
·                     Visual FoxPro
·                     Arago
·                     Force
·                     Recital
·                     dbFast
·                     dbXL
·                     Quicksilver
·                     Clipper
·                     Microsoft SQL


sumber :  https://bungtutorr.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Install XAMPP

ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI

Pengertian XAMPP